Minggu, 18 November 2012

CARA MEMBUAT SABUN HERBAL


 Sabun Mandi Herbal
Membuat Sabun Mandi Herbal, selain menghemat uang juga jauh lebih bermanfaat bagi kulit anda. Memang harganya lebih mahal dibanding sabun mandi biasa tetapi manfaatnya luarbiasa.
Tapi jika membuat sendiri, harga dasar sabun mandi herbal yang sama dengan harga sabun mandi yang beredar di pasaran anda sudah mendapatkan keuntungan yang tidak bisa diberikan dari sabun mandi biasa.
Misalnya harga sabun mandi di pasaran 2000 rupiah dengan komposisi bahan 60% berbahan kimia, dengan sabun mandi herbal yang harga dasarnya juga 2000, anda mendapatkan bahan alami sebesar 80%.
Membuatnya pun tidak harus menggunakan alat-alat yang mahal seperti alat produksi pabrikan, namun anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Dibawah ini contoh alat-alat yang digunakan untuk membuat sabun mandi herbal :
  1. Kocokan telur
  2. Wadah berbahan kaca atau baskom plastiK
  3. Sarung tangan
  4. Kacamata bengkel (tersedia di toko bangunan)
  5. Gelas Ukur dari plastik
  6. Mangkok berukuran besar berbahan kaca (untuk pencampuran NAOH)
  7. Celemek
  8. Cetakan sabun (bisa menggunakan bahan karton, Pipa PVC)
  9. Kertas Minyak
  10. Adukan dari aluminium
  11. Termometer
  12. Plastik Wrap (pembungkus makanan)
Alat-alat diatas bisa dibeli di toko roti terdekat di kota anda. Selain alat bahan-bahan alami yang dibutuhkan untuk ditambahkan ke bahan dasar sabun bisa anda dapatkan di pasar tradisional dengan harga yang murah. Dibawah ini bahan Dasar dan tambahan yang biasa digunakan untuk membuat sabun.
Bahan Dasar :
  1. NAOH
  2. Minyak Kelapa
  3. Minyak Sawit
  4. Minyak Zaitun
  5. Minyak Jarak
Bahan Tambahan :
  1. Bubuk Coklat
  2. Bubuk Kopi
  3. Susu bubuk
  4. Buah-buahan yang bermanfaat untuk kulit
  5. Pewarna makanan
  6. Minyak Wangi/Bibit minyak wangi
Setelah anda membeli dan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat sabun. Saya akan memberikan resep gratis bagi anda untuk dicoba di rumah dan panduan cara membuat sabun Mandinya.

Hal Yang Sangat perlu diperhatikan adalah keamanan dalam pembuatan :
Jangan pernah menuangkan Air ke NAOH namun sebaliknya Tuangkan NAOH ke air sedikit demi sedikit, sebab jika terbalik proses diatas akan terjadi letupan dan bisa mengenai kulit tubuh atau muka atau mata anda. Kulit anda akan terbakar, jadi hati-hati
Jangan pernah menuangkan larutan Minyak ke dalam larutan NAOH, tetapi sebaliknya tuangkan NAOH ke dalam Minyak, karena efeknya sama dengan yang diatas.
Proses pembuatan hendaknya memakai sarung tangan , kacamata dan celemek. Keamanan adalah yang nomor satu untuk membuat sabun mandi.
Proses pembuatan sebaiknya di udara terbuka atau kalau di dalam ruangan ada sirkulasi udara sebab uap dari NAOH sangat menyesakkan.

Resep Sabun Mandi Coklat :
Untuk Sabun berjumlah 12 buah berat @100gr
No
Bahan
Berat
1
Minyak Sawit
340,2 gr
2
Minyak Kelapa
340,2 gr
3
Minyak Zaitun
425,5 gr

Minyak Castor
141,75 gr
4
NAOH
174,54 gr
5
Air
467,7 gr
6
Bubuk Coklat
50 gr
7
Pewarna Makanan
1.5 sdm
8
Bibit Minyak Wangi/minyak coklat
2 sdm

Panduan Cara Membuat Sabun Mandi Coklat :
Siapkan Cetakan sabun terlebih dahulu. Jika memakai karton (kayu) berbentuk kotak, lambari dengan kertas minyak, agar larutan sabun tidak menempel di cetakan.
Siapkan Wadah Gelas kaca untuk melarutkan NAOH. Tuangkan air sesuai dengan takaran kemudian tuangkan NAOH sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai NAOH larut. Setelah selesai diamkan sampai suhu 40-50°c
Campurkan Minyak Kelapa, Minyak Sawit dan Minyak Zaitun sesuai dengan takaran masing-masing bahan.
Setelah larutan NAOH mencapai suhu 50°c, tuangkan ke dalam campuran minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
Pada proses pencampuran larutan NAOH dan minyak, adukan dilakukan sampai larutan mencapai keadaan trace.
Ketika mencapai keadaan trace, tambahkan bubuk coklat (sambil terus diaduk sampai tercampur merata), tambahkan pewarna tambahan (dari pewarna makanan bila masih diperlukan), yang terakhir tambahkan bibit minyak wangi (sesuai takaran, jenis minyak wangi sesuai selera).
Setelah mulai mengental, hentikan adukan lalu tuangkan kedalam cetakan yang sudah anda persiapkan.
Setelah semuanya tertuang kedalam cetakan. Tutup dengan plastik wrap, tambahkan tutup dari kain. Diamkan selama 24 jam. Jangan pernah dibuka sampai batas waktu yang ditentukan.
Selesai. Anda sudah bisa membuat sabun mandi sendiri.

Source:
http://aprofoto.com/blog/cara-membuat-sabun-herbal

 

1 komentar:

  1. Tolong mas cantumin sumber artikelnya, jangan jadi plagit

    BalasHapus