Minggu, 18 November 2012

CARA MEMBUAT BAKTERI ACETOBACTER XYLINUM

Cara Membuat Bakteri Acetobacter Xylinum (Bakteri Nata)
Setelah sebelumnya dipostingkan mengenai bagaimana cara pembuatan nata de lerri, sekarang akan disampaikan bagaimana cara pembuatan bakteri Acetobacter Xylinum. Sebenarnya harus diakui jika judul cara membuat bakteri Acetobacter Xylinum itu kuranglah tepat, karena kita sebenarnya hanya membuat suatu kondisi lingkungan (inokulasi) yang memungkinkan agar bakteri Acetobecter Xylinum dapat berkembang biak dengan baik.

Secara kegunaan, utamanya Acetobacter Xylinum digunakan untuk segala bentuk bioteknologi yang menghasilkan nata (ada nata de coco (dari air kelapa), nata de soya (dari limbah tahu atau susu kedelai), nata de tomato, nata de pina, nata de cassava (dari singkong), nata de melo, dll.). Praktisnya kita dapat membeli "bibit" Acetobacter Xylinum di LIPI atau balai penelitian lainnya, bahkan harganya sangat terjangkau. Tetapi bagi kita yang malas ke LIPI atau jauh dari balai penelitian sejenisnya kita bisa membuat sendiri Acetobacter Xylinum dengan mudah.

Bahan:
  1. Nanas matang 1 buah
  2. Gula pasir secukupnya
  3. Air
Alat:
  1. Pisau
  2. Blender
  3. Saringan
  4. Botol plastik/kaca atau botol bekas lainnya
  5. Wadah
Prosedur Pembuatan
  1. Kupas Nanas matang sebanyak satu buah, lalu cuci hingga bersih
  2. Potong kecil-kecil nanas tersebut, masukan ke dalam blender (atau alat penghancur lainnya seperti parutan)
  3. Setelah dihancurkan, peras air Nanas dan saring.
  4. Pakai ampas nanas hasil saringan, lalu tambahkan gula pasir dan air dengan perbandingan ampas nanas:gula pasir:air = 6:3:1
  5. Aduk campuran tersebut sapai rata, kemudian masukan ke dalam botol yang tertutup rapat.
  6. Diamkan selama 2-3 minggu sampai terbentuk lapisan putih di atas campuran tersebut. Simpan di dalam temperatur kamar, jangan membuka tutup botolnya (lihat penjelasan).
  7. Bagian yang digunakan untuk membuat nata adalah air dari campuran tersebut yang mengandung bakteri Acetobacter Xylinum
  8. Apa yang anda hasilkan biasa disebut sebagai starter atau bibit Acetobacter Xylinum.
Penjelasan
Kenapa harus Nanas? Karena pada nanas secara alami memang telah hidup/ada bakteri Acetobacter Xylinum. Penambahan gula dimaksudkan sebagai makanan untuk difermentasi oleh bakteri Acetobacter Xylinum. Dengan kata lain, asalnya bakteri berjumlah sedikit, ketika diberi makanan akan semakin bertambah banyak. Selain itu bakteri ini bersifat anaerob, jadi jangan terlalu sering membiarkan udara masuk ke dalam botol tempat inokulasi.


Gambar Contoh Proses Terbentuknya Acetobacter Xylinum

Source:
http://share-pangaweruh.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-bakteri-acetobacter.html

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar