Senin, 24 September 2012

Tumbuhan, Jawaban kelompok 5

 



 SOAL

1. Apa yang menjadi ciri khas pada sel tumbuhan dengan sel makhluk hidup lainnya?
2. Mengapa fungi tidak termasuk dalam klasifikasi tumbuhan?
3. Dari berbagai macam penyebab pencemaran yang ada, manakah yang paling berdampak buruk bagi tanaman?
4. Mengapa tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator pencemaran?
5. Sebutkan logam apa saja yang dapat mencemari tumbuhan?

Jawaban :

NO 1
Sel tumbuhan termasuk sel eukariotik. Struktur eksklusif yang menjadi khas dari sel tumbuhan itu antara lain adalah:
  • Plasmodesmata (tunggal: plasmodesma)
    Merupakan pori-pori penghubung yang terletak pada dinding sel. Dengan adanya plasmodesmata, sel tumbuhan dapat berkomunikasi dengan sel lainnya. Selain berperan dalam komunikasi antar sel tumbuhan, plasmodesmata juga berperan dalam transpor protein dan RNA duta dari sel ke sel lain.
  • Plastida
    Plastida dapat berdifferensiasi, salah satunya menjadi kloroplas. Kloroplas memiliki pigmen bernama klorofil, yang menyebabkan warna hijau pada daun. Dengan adanya kloroplas ini, tumbuhan mampu berfotosintesis.
  • Dinding sel
    Bila kita lihat lewat mikroskop, sel tumbuhan akan tampak tersusun rapi, dan memiliki bentuk tetap. Umumnya segi enam. Berbeda dengan sel hewan, yang bentuknya tidak tetap. Hal ini dikarenakan sel tumbuhan memiliki dinding sel. Dinding sel tumbuhan tersusun dari selulosa, protein, dan terkadang lignin (zat kayu).
  • Vakuola yang besar
    Vakuola pada sel tumbuhan besar. Sementara vakuola pada sel hewan cenderung kecil, bahkan tidak ada. Vakuola ini diselimuti oleh membran tonoplas. Vakuola ini berperan untuk menjaga turgor, dan menyimpan cadangan makanan.
Sumber : idonkelor.blogspot.com

NO 2
Fungi tidak membuat makanan mereka sendiri seperti yang tumbuhan lakukan melainkan mereka mengeluarkan enzim pencernaan di sekitar makanan mereka dan kemudian menyerapnya ke dalam sel

NO 3
Semua pencemaran saling berhubungan satu sama lain. Jadi dampaknya akan menyeluruh pada tanaman. Namun, yang lebih berpengaruh adalah pencemaran tanah oleh bahan kimia, karena dengan demikian akan berpotensi tanaman mengandung senyawa organologam yang berbahaya bagi tubuh

NO 4
Tumbuhan, sifat-sifatnya merupakan pencerminan yang ada di dalam tumbuhan itu (hereditas), tetapi selain itu pertumbuhannya juga dipengaruhi lingkungan. Jadi fenotipe yang terjadi merupakan paduan dari hereditas dan lingkungan itu. Tumbuhan dapat hidup dengan baik di lingkungan yang menguntungkan. Suatu tumbuhan atau komunitas tumbuhan dapat berperan sebagai pengukur kondisi lingkungan tempat tumbuhnya, disebut indikator biologi atau bioindikator atau fitoindikator. Etau dengan istilah lain tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator kekhasan habitat tertentu disebut tumbuhan indikator.

Banyaknya tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai indikator suatu lingkungan. Dalam suatu komunitas tumbuhan beberapa diantaranya dominan dengan jumlah yang melimpah. Tumbuhan semacam ini merupakan indikator yang penting karena mereka sudah sangat erat hubungan dengan habitatnya. Dengan demikian dapatlah dinyatakan bahwa komunitas atau setidak-tidaknya kebanyakan tumbuhan merupakan indikator yang lebih baik daripada tumbuhan yang tumbuh secara individual.


NO 5
Air, tanah udara dapat menjadi sumber pencemaran tumbuhan. Pengaruh zat kimia pun dapat membuat tanaman terkontaminasi oleh zat-zat yang tidak diinginkan tubuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar