Senin, 24 September 2012

Serba-serbi Air, Jawaban kelompok 1

Serba-serbi Air, Jawaban kelompok 1




Pertanyaan...
1. Sebutkan macam-macam siklus air menurut William Waterway Marks!
2. Sebutkan macam-macam air (bumi)!
3. Tulis  sedikitnya 2 keunikan dan keajaiban molekul air!
4. Sebutkan 3 macam siklus hidrologi!
5. Tulis sedikitnya 3 manfaat air bagi tubuh!

Jawaban :
NO 1
Siklus Air menurut William Waterway Marks:
a. siklus air kosmis adalah siklus air yang terjadi karena posisi bumi sebagai planet dalam konstelasi tata surya diselimuti atmosfer bumi yang warnanya biru bila diamati dari luar angkasa. Uap air yang terkandung di selimut atmosfer bumi ada yang terlepas ke ruang angkasa akibat pemanasan sinar matahari.
b. Siklus air di lautan (oceanic water cycle) merupakan siklus yang terjadi di lautan dimana air laut di daur ulang secara terus menerus dengan cara diserap ke dalam bumi lalu dikeluarkan kembali.
c. Siklus air di atmosfer (the Atmospheric water cycle) merupakan siklus yang terjadi akibat adanya pemanasan oleh matahari terhadap bumi.

NO 2
Macam-macam air
1. Air Tanah
Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis.
a. Air Tanah Preatis
Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.
b. Air Tanah Artesis
Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.
2. Air Permukaan
Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. Contoh air permukaan seperti laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Perairan Darat
Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.
b. Perairan Laut
Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.

NO 3
Keunikan air diantaranya:
Air dan kapasitas panas
Air juga melepaskan banyak panas selama proses pembekuan dibandingkan senyawa lain. Lebih lanjut, untuk setiap perubahan unit suhu, air menyerap dan membebaskan lebih banyak panas. Dengan kata lain, air memiliki kapasitas panas yang tinggi dibandingkan senyawa lain sehingga sangat efektif untuk medium perpindahan panas.
Air dan konduktivitas panas
Air menghantarkan panas lebih mudah dari cairan manapun kecuali merkuri. Kenyataan ini menyebabkan badan cairan (bulk liquid) pada danau dan laut memiliki profil suhu yang hampir seragam pada arah vertikal.
Air dan es yang terapung
Air yang sedang membeku pun menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Ketika air berubah menjadi es, ikatan hidrogen menghasilkan suatu susunan kristal yang menyebabkan volume es (air beku) lebih besar volume cairan awal. Kondisi ini menyebabkan densitasnya lebih kecil dibanding densitas cairan. Itulah mengapa laut di kutub utara dan selatan dan danau pada daerah dingin tidak pernah membeku bagian bawahnya sehingga kehidupan di dasarnya masih ada. Perlu diketahui juga, air adalah satu-satunya senyawa di bumi ini yang memiliki densitas maksimum bukan ketika dalam keadaan padat. Densitas maksimum air terjadi ketika air bersuhu 4 degC (masih cairan).
Air dan tegangan permukaan
Pernah melihat jarum atau silet yang mengapung di air? Fenomena ini terkait dengan sifat tegangan permukaan (surface tension). Molekul air pada permukaan yang mengarah pada fase gas kehilangan ikatan hidrogen potensial sedangkan yang ditarik menuju badan cairan (bulk liquid) menyisakan ikatan hidrogen yang lebih kuat. Oleh karena untuk memindahkan molekul dari badan cairan menuju permukaan memerlukan energi, maka luas permukaan diminimalkan sehingga permukaan air mengalami tegangan. Mengingat terjadi beberapa gaya antar molekul air dan relatif besar per basis massanya -dibanding dengan kebanyakan molekul senyawa lain- dan ukuran molekul air sangat kecil maka tegangan permukaan air menjadi besar. Menurunkan suhu akan meningkatkan molekul dengan ikatan hidrogen yang utuh di badan cairan sehingga akan menyebabkan kenaikan tegangan permukaan.

NO 4
Siklus Hidrologi :



1. Siklus Pendek : Air laut menguap kemudian melalui proses kondensasi berubah menjadi butir-butir air yang halus atau awan dan selanjutnya hujan langsung jatuh ke laut dan akan kembali berulang.


2. Siklus Sedang : Air laut menguap lalu dibawa oleh angin menuju daratan dan melalui proses kondensasi berubah menjadi awan lalu jatuh sebagai hujan di daratan dan selanjutnya meresap ke dalam tanah lalu kembali ke laut melalui sungai-sungai atau saluran-saluran air.



3. Siklus Panjang : Air laut menguap, setelah menjadi awan melalui proses kondensasi, lalu terbawa oleh angin ke tempat yang lebih tinggi di daratan dan terjadilah hujan salju atau es di pegunungan-pegunungan yang tinggi. Bongkah-bongkah es mengendap di puncak gunung dan karena gaya beratnya meluncur ke tempat yang lebih rendah, mencair terbentuk gletser lalu mengalir melalui sungai-sungai kembali ke laut.


NO 5.
1. Bermanfaat Memperlancar sistem percernaan
Minum air putih cukup secara rutin setiap hari bermanfaat memperlancar sistem pencernaan anda. Jika sistem pencernaan lancar maka anda akan terhindar dari problem-problem pencernaan sepertu sakit maag dan sembelit. Untuk membantu pembakaran kalori dalam tubuh juga akan efisien.
2. Bermanfaat Menguruskan badan

Anda ingin memiliki yang gemuk seperti saya ? ( he he he ). Jangan memakai obat mahal-mahal hanya untuk menjadi kurus ramping. Manfaatkan saja air putih. Air putih juga bermanfaat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan keluar lewat kencing/urine. Untuk anda yang ingin meiliki badan kurus, lakukan cara ini. Minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang). Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi kita tahu air tidak mengandung gula, lemak dan kalori. Ingin mempunyai bentuk tubuh yang kurus? Ngapain repot ! Minum saja air putih  secara rutin.
3. Bermanfaat Untuk kesuburan.
Air putih bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon testoteron bagi pria serta hormon estrogen bagi wanita. Ada sebuah penelitian di lembaga riset trombosis di inggris menemukan bahwa peredaran darah seseorang akan lancar dan tubuhnya menjadi lebih bugar dan segar jika seseorang selalu mandi dengan air dingin. Mandi dengan air dingin akan bermanfaat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap serangan virus. Di samping itu bermanfaat menjadikan jaringan kulit membaik dan kuku akan lebih sehat dan kuat tak mudah retak .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar