Sabtu, 22 September 2012

Jawaban Kelompok Genap (2-6-8-10)



JAWABAN KELOMPOK GENAP (2-6-8-10)

Jawaban KELOMPOK 2 :
1.      Mengapa udara terasa panas saat sebelum hujan ?
Di Indonesia bulan Desember pada umumnya telah masuk ke dalam musim penghujan. Sebelum hujan datang, akan terjadi awan/mendung yang tebal. Mungkin tidak kita sadari pada saat peristiwa adanya mendung udara disekitar akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan cuaca yang cerah. Mungkin kita merasa aneh, kalau saat mendung sinar matahari tidak sampai ke bumi seharusnya suhu malah turun, dan sebaliknya bila cuaca cerah sinar matahari sampai ke bumi sehingga suhu tinggi terlihat wajar. Beginilah kira-kira mengapa hal tersebut bisa terjadi. Mendung merupakan kumpulan uap dari air laut. Pada saat mendung, uap air yang berupa gas berubah menjadi zat cair. Pada proses ini menghasilkan kalor yang akan dikeluarkan ke udara. Mendung berada lebih rendah dari awan yang berwarna putih, makan semakin dekat mendung ke bumi panas akan semakin tinggi pula. Suhu dapat lebih tinggi bila sebelum mendung terjadi sinar matahari yang sangat terik, karena sebagai hasil dari akumulasi  pelepasan kalor oleh proses tersebut diatas dengan sisa panas yang dipancarkan bumi setelah menerima energi panas dari matahari.
2.      Apa penyebab terjadinya Hujam Asam dan apa akibatnya untuk lingkungan?
Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia). Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.
Hujan asam karena proses industri telah menjadi masalah yang penting di Republik Rakyat Cina, Eropa Barat, Rusia dan daerah-daerah di arahan anginnya. Hujan asam dari pembangkit tenaga listrik di Amerika Serikat bagian Barat telah merusak hutan-hutan di New York dan New England. Pembangkit tenaga listrik ini umumnya menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya.
3.      Mengapa gas CO (Karbon Monoksida) bersifat beracun? jelaskan !

Karbon monoksida adalah gas yang bersifat membunuh makhluk hidup termasuk manusia. Zat gas CO ini akan mengganggu pengikatan oksigen pada darah karena CO lebih mudah terikat oleh darah dibandingkan dengan oksigen dan gas-gas lainnya. Pada kasus darah yang tercemar karbon monoksida dalam kadar 70% hingga 80% dapat menyebabkan kematian pada orang.



4.      Apa akibatnya untuk lingkungan jika BBM menggunakan jenis Premium dibandingkan Pertamax? zat apakah yang menjadi gas buangan udara bermotor tersebut ?

Akibatnya adalah…
Polusi udara berupa pencemaran oleh gas CO dan CO2 akan semakin meningkat.

Motor yang menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus jika dibongkar kepala silindernya. Ruang bakar lebih bersih dan sedikit timbunan kerak.

Berbeda dengan yang menggunakan Premium. Selain ada karbon hitam, timbunan kerak lebih banyak. Menandakan pembakaran lebih bagus menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

Pertamax merupakan bahan bakar non timbel yang memiliki angka oktan di atas 92 dan mengandung additive untuk meningkatkan kualitas bahan bakar. Sedangkan Pertamax Plus bahan bakar non timbel yang memiliki angka oktan di atas 95 dan mengandung additive juga.

“Dengan angka oktan yang lebih tinggi dari Premium (oktan 88), Pertamax dan Pertamax Plus memiliki tingkat pembakaran yang lebih sempurna untuk menambah tenaga mesin dan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit,”
. Itu yang menyebabkan suhu motor yang menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus lebih tinggi. Kalau pembakaran lebih sempurna, panas yang dihasilkan dari pembakaran lebih tinggi. Energi panas jadi energi gerak juga jadi lebih gede.


5.      Apa yang terjadi jika kandungan Oksigen yang terkandung dalam udara di Bumi lebih dari 21 %?

Jika saja kadar oksigen di udara bertambah , niscaya bumi akan menjadi mudah terbakar, tingginya kadar oksigen ini akan lebih memudahkan munculnya nyala api  dan peristiwa pembakaran daripada biasanya. akibatnya percikan api kecil saja mampu memicu kebakaran besar


Jawaban KELOMPOK 6 :
1.      Bagaimana ciri-ciri makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh ?

Inilah ciri-ciri makanan yang sehat.

1.   Mengandung cukup zat gizi
Makanan yang sehat adalah makanan ayng secara kimia mengandung zat-zat gizi yang di butuhkan oleh tubuh.  Zat gizi yang dimaksud adalah :
       a.  Karbohidrat sebagai sumber energy utama
 b.  Protein sebagai komponen pembangun sel dan jaringan tubuh
 c.  Lemak sebagai komponen sel dan jaringan , sebagai pelarut vitamin  dan cadangan energy.
 d.  Vitamin sebagai  komponen yang memperlancar proses metabolism e di dalam sel
 e.  Mineral sebagai  komponen yang turut serta membangun struktur tubuh dan ikut memperlancar proses pisiologis di dalam sel.
f.    Serat  untuk membantu kelancaran mekanisme pencernaan di dalam saluran pencernaan.
g.  Air sebagai pelarut berbagai zat gizi yang lain.

2.   Tidak mengandung zat-zat berbahaya
Suatu makanan terkadang tampak sehat /segar jika di lihat sepintas, namun kondisi seperti itu belum menjadi jaminan jika makanan tersebut benar-benar sehat. Segar memang di perlukan untuk menjamin ketersediaan zat gizi di dalamnya, tetapi jika kesegaran yang tampak tersebut  di sebabkan oleh factor lain yang merupakan perlakuan khusus pada bahan makanan tersebut. Misalnya bahan makanan dari tumbuhan yang tampak segar karena  pertumbuhannya di bantu oleh pemberian pestisida yang berlebihan.  Atau bahan makanan olahan yang tampak segar karena  pemberian zat-zat pengawet. Hal –hal seperti itu sesungguhnya dapat berdampak merugikan di dalam tubuh.
Pengawet,  pewarna,   penyedap rasa, ( zat aditif ) adalah beberapa zat yang banyak menimbulkan penyakit didalam tubuh.  
Bahan pengawet
Bahan pengawet yang di toleransi oleh BPOM dalam jumlah terbatas adalah : Benzoat, propionat, nitrit, nitrat, sorbat dan sulfit. Dan yang berbahaya adalah formalin dan boraks. Kedua pengawet terakhir ini banyak di salah guankan untuk mengawetkan makanan sehingga bisa tahan lama.
Bahan pewrna
Bahan pewrna untuk memberi tampilan yang menarik pada makanan, Bahan ini ada yang di alami dan sintesis. Bahan pewarna alamai biasanya diambil dari klorofil ( zat hijau daun ) untuk membei zat hijau atau karoten dari wortel untuk memberi warna orange. Pewarna sintesis di ambil dari zat kimia yang di buat melalui serangkaian reaksi kimia. Misalnya: Warna kuning : tartrazin, sunset yellow, Warna merah : allura, eritrosin, amaranth, Warna biru : biru berlian.
Beberapa zat pewarna yang sesungguhnya tidak untuk makanan tetapi di gunakan mewarnai makanan tertentu. Zat tersebut merupakan pewarna tekstil seperti rodamin b.
Bahan pewarna buatan berbahaya jika di konsumsi secara terus menerus dan secara berlebihan. Pewarna non makanan berbahaya karena zat tersebut memang bukan untuk makanan dan tidak untuk di konsumsi.
Zat penyedap rasa.
Penyedap rasa ada yang alami dan ada pula yang sintesis. Penyedap rasa alami seperti cuka, merica, garam, gula, dll lebih aman dan relatif tidak menimbulkan efek samping. Kecuali di konsumsi secara berlebihan.
Penyedap rasa buatan mengandung monosodium glutamat ( MSG ) adalah penyedap sintesis yang banyak di gunakan secara luas di berbagai jenis makanan baik fast food maupun makan yang di sajikan di dalam rumah tangga. MSG adalah zat kimia yang dapat mempengaruhi kerja saraf. Konsumsi yang terus menerus akan menyebabkan daya ingat ( memori ) sesorang menjadi lebih lambat.
3.   Segar . Makanan yang di konsumsi belum terlalu lama waktu berselang antara  waktu di panen dengan waktu konsumsi. Hal ini untuk menjamin ketersediaan zat gizi yang terkandung di dalamnya.
Mengkonsumsi makanan yang alami yang tidak menggunakan bahan –bahan sintesis jelas jauh lebih baik dan aman bagi kesehatan tubuh.  Hanya saja kebutuhan pada makanan yang cepat saji, praktis dan menarik membuat kita sulit lepas dari makan olahan yang serba mengandung zat aditif.

Memiminalkan konsumsi makanan tersebut dan  cermat memperhatikan kandungan / komposisi suatu makan  merupakan hal sangat baik di lakukan. 

2.   Apakah makanan herbal sudah pasti terjamin bebas dari zat kimia ? Jelaskan !
     
Tidak, obat herbal itu sendiri adalah zat kimia yang bersifat alami. Dan semua makanan atau minumam, jika dikonsumsi dengan dosis yang pas maka dapat menyehatkan bagi tubuh kita…

      Namun, jika pertanyaan tersebut merujuk pada zat kimia sintetik atau tambahan, tetap ada saja obat herbal yang mengandung zat kimia tambahan untuk menambah efektifitas obat.

3.   Mengapa manusia tidak diperbolehkan untuk ketergantungan terhadap suplemen atau obat-obatan baik dalam keadaan sakit maupun tidak ?
     
      Karena jika ketergantungan pada suplemen, maka jika sakit sedikit seseorang akan langsung mengkonsumsi suplemen. Karena efek dari suplemen, ratarata adalah untuk mengobati penyakit seperti pegal, nyeri, dan lain sebagainya.
Dan jika hal tersebut terjadi, maka akan terjadi suatu kondisi kelebihan mengkonsumsi makanan, dalam hal ini adalah suplemen.
Segala sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. Hal ini juga terdapat pada al-Qur’an.

Contoh kelebihan suplemen yang berupa vitamin antara lain:
VITAMIN E
+ : Berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan, vitamin E banyak ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian. Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan mengandung vitamin E mampu menekan risiko penyakit jantung dan kanker.

- : Sejaun ini belum ada bukti signifikan akan manfaat suplementasi vitamin E. Faktanya, riset yang dilakukan peneliti di John Hopkins University AS mengindikasikan bahwa vitamin E berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 10 persen. Pekan lalu, sebuah riset juga mengindikasikan peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 28 persen.

Vitamin B6
+ : British Medical Journal melaporkan bahwa dosis 100 mg vitamin B6 mampu meringankan gejala-gejala sindrom premenstrual. Sejumlah riset juga mengaitkan asupan asal folat dan vit B8 , yang banyak ditemukan dalam telur daging dan ikan, dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker perut.

- : Meskipun konsumsi makanan berkadar vit B6 tinggi dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung, belum ada bukti bahwa meminum pil vit B6 memiliki efek yang sama. Studi berskala besar di Norwegia menunjukkan meminum vit B6 dan folat justru meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke hingga 20 persen. Dosis tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan syaraf.

St John Wort (Hypericum perforatum)
+ : Kepercayaan tradisi mengatakan herbal ini mampu melawan ilmu sihir. Lazimnya, herbal ini digunakan untuk memelihara sistem saraf dan melindungi sel-sel saraf dalam tubuh. Herbal ini biasa digunakan untuk meredakan hipertensi dan melancarkan peredaran darah.

- : Salah seorang ahli pengobatan alternatif Inggris, Profesor Edzard Ernst, dari Plymouth Peninsula Medical School memperingatkan bahwa St John Wort dapat mengurangi efektivitas obat resep seperti warfarin atau obat pengencer darah lainnya, pil anti kanker atau obat-obat pembedahan . Hindari herbal ini jika Anda mengidap epilepsi atau asma.

Royal Jelly
+ : Cairan kental yang dihasilkan lebah muda sebagai bahan makanan Larva Lebah dan makanan khusus Ratu lebah ini telah terbukti mampu membunuh bakteri dalam tes laboratorium. Zat ini juga mengandung protein dan vitamin C dan diklaim mampu meningkatkan kekebalan tubuh meski belum ada bukti yang solid.

- : Ada sejarah tentang masalah yang ditimbulkan residu obat-obatan yang dibuat dari royal jelly. Pemberian obat-obatan dengan dosis berlebihan pada hewan yang produknya akan dikonsumsi manusia berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Zat ini juga diduga berpotensi menimbulkan reaksi mematikan. Di Australia, kemasan suplemen royal jelly wajib disertai label peringatan menyusul adanya kasus anak berusia 11 tahun yang mengonsumsinya kemudan meninggal akibat asma.

Glukosamin
+ : Dua penelitian besar menunjukkan glukosamin mampu meringankan rasa sakit dan memperbaiki mobilitas pada pasien penderita osteoarthtritis. Bukti ini begitu meyakinkan sehingga US National Institutes Of Health berencana menggelar riset lanjutan.

- : Kualitas dan kekuatan produk glukosamin bervariasi. Tampaknya glukosamin juga hanya efektif jika dikombinasikan dengan sejenis senyawa disebut condroitin.

Ginkgo Biloba
+ : Walaupun beberapa riset menunjukkan adanya efek negatif, Prof Ernst percaya bahwa ginkgo tetap berkhasiat. Ia menekankan, ketika peneliti mencoret partisipan yang tidak mengonsumsinya secara teratur, ada sekitar 68 persen penurunan risiko gangguan ingatan setelah mengonsumsi ginkgo.

- : Prof Ernst mengatakan bahwa studi lanjutan perlu dilakukan mengingat kasus stroke dalam penelitian diakibatkan pembekuan, bukannya pendarahan - yang mungkin disebabkan peran ginkgo dalam mengencerkan darah. Untuk alasan tersebut, suplemen ginkgo seharusnya tidak diminum bersama aspirin, warfarin atau obat anti pembekuan darah lainnya. Hindari pula sebelum menjalani operasi.

Kava Kava
+ : Minuman yang dibuat dari sari akar Kava-kava telah dikenal sejak berabad-abad lampau sebagai obat penenang alami. Sejumlah riset, termasuk yang dilakukan Prof Ernst, terbukti efektif mengatasi kecemasan.

- : Menyusul adanya kasus kematian akibat kerusakan liver di antara pasien peminum suplemen kava, herbal ini dilarang di wilayah Inggris, namun suplemen dalam bentuk pil masih bisa diperoleh lewat internet.

Black Cohosh (Cimicifuga racemosa)
+ : Black Cohosh adalah sejenis tanaman liar mirip semak yang selalu hijau sepanjang tahun. Bagian tanaman yang digunakan sebagai tanaman obat adalah akar dan rimpangnya yang dikeringkan. Walaupun penelitian yang mendukung manfaat herba ini masih sedikit, secara historis, orang-orang Indian Amerika sudah sejak dulu menggunakannya untuk berbagai kondisi, mulai dari masalah-masalah kewanitaan sampai gigitan ular berbisa. Peneliti dari AS yang melakukan tinjauan sejumlah riset menyatakan ada bukti yang cukup bahwa ekstrak herbal ini mampu meringankan gejala-gejala menopause. Sebuah riset terbaru di Prancis juga menemukan bahwa ekstrak black cohosh mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

- : Menyusul adanya laporan kerusakan liver, Badan Pengawas Obat dan Produk Perawatan Kesehatan Inggris (MHRA) telah meminta produsen untuk mencantumkan label peringatan akan adanya ancaman risiko penggunaan suplemen jenis ini.

4.   Mengapa makanan mentah dapat dijadikan obat segala macam penyakit ?
                                                                                                                           
      Karena, pada makanan mentah terdapat hal-hal sebagai berikut,
     
Rendah lemak dan bebas kolestrol
Lemak bisa dikatakan sedikit sekali, berbeda halnya dengan makanan yang dimasak seperti opor yang bersantan ataupun masakan yang digoreng.
Selain itu proses pemasakan mengubah asam lemak menjadi asam lemak jenuh sehingga akan lebih beresiko untuk terkena penyakit stroke maupun jantung koroner.

Anti kanker
PAH (polycyclic aromatic hydrocarbon) merupakan senyawa penyebab kanker yang biasanya terdapat dalam tubuh perokok, senyawa ini juga banyak terdapat dalam masakan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang, terutama yang dipanggang dengan arang.

Bebas Asam lemak trans
Asam lemak trans merupakan salah satu jenis asam lemak jenuh yang bisa dihasilkan oleh pemanasan pada suhu 180C dan meningkat seiring kenaikan suhu. Asam lemak trans juga ditemukan pada produk pangan kemasan.

Konsumsi asam lemak trans melebihi batas dapat memicu penyakit jantung koroner (PJK), meningkatkan risiko serangan jantung, meningkatkan risiko terkena kanker payudara, Diabetes Melitus tipe II dan lain-lain.

Bebas HCA
HCA (amina-amina heterosiklis) merupakan senyawa yang terbentuk saat daging dimasak sebagai reaksi antar-protein hewani yang terjadi selama proses pencoklatan (browning).

HCA merupakan zat penyebab mutasi yang dapat merangsang munculnya radikal bebas dan secara luas merusak sel-sel tubuh manusia. Pada hewan percobaan HCA mengakibatkan terjadinya kanker usus besar, payudara, pankreas, hati dan kandung kemih.

Tak ada bahan pengawet
Bahan Tambahan Pangan (BTP) adalah bahan yang sengaja ditambahkan ke dalam makanan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk makanan.

Sejumlah bahan kimia telah dilarang penggunaannya karena berbahaya untuk kesehatan seperti formalin, boraks,kloramfenikol, nitrofurazon, asam salisilat dan garamnya.

Beberapa bahan tambahan pangan sintetis lain yang aman juga dibatasi penggunaannya karena jika berlebihan bisa menyebabkan terbentuknya senyawa karsinogenik.

Optimal zat gizi
Proses pemasakan seperti merebus, mengalengkan, atau menggoreng bisa menyebabkan berkurangnya zat gizi yang dikonsumsi. Proses pemanasan dapat menghilangkan zat gizi lebih dari 30%.

Kaya serat pangan
Contohnya pada diet makanan mentah menganjurkan orang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur dengan variasi yang warna-warni. Sehingga dengan pola makan ini kita akan semakin mengurangi asupan zat-zat berbahaya penyebab penyakit dan meningkatkan konsumsi serat yang sangat baik untuk kesehatan. Meningkatkan asupan enzim ke dalam tubuh.


Beberapa peneliti berpendapat bahwa enzim yang terdapat dalam bahan pangan mentah akan membantu kerja enzim yang terdapat dalam tubuh.

Selain itu, Artturi Virtanen, pemenang Nobel Biokimia juga menyatakan bahwa enzim dalam bahan pangan mentah akan menjadi lebih aktif ketika pangan dikunyah dalam mulut dan berinteraksi dengan enzim yang ada di dalam mulut membentuk komponen yang lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dicerna.

     
5.   Sebutkan zat aditif apa saja yang digunakan pada makanan beserta dampak yang diakibatkan dari penggunaan zat aditif tersebut !



Jawaban KELOMPOK 8 :
1.      Bahaya apa saja yang timbul dari pencemaran air?

Banyak akibat yang ditimbulkan oleh polusi air, diantaranya:
  1. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
  2. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air
  3. Pendangkalan dasar perairan
  4. Tersumbatnya penyaring reservoir, dan menyebabkan perubahan ekologi
  5. Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat
  6. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit, juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator
  7. Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan bahkan burung
  8. Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia

2.      Sebutkan penyebab terjadinya polusi air?

Penyebab polusi air antara lain sampah masyarakat, limbah industri, limbah pertanian dan limah rumah tangga. Ada beberapa tipe polutan yang dapat merusak perairan yaitu; bahan- bahan yang mengandung bibit penyakit, bahan- bahan yang banyak membutuhakan oksigen untuk penguraiannya, bahan- bhan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian, bahan- bahan yang tidak sediment, bahan- bahan yang mengandung radioaktif dan panas.

3.      Bagaimana usaha kita untuk mencegah dan mengatasi pencemaran air?


10 cara mencegah pencemaran air:
1.      Gunakan air dengan bijaksana
2.      Kurangi penggunaan deterjen
3.      Kurangi konsumsi obat-obat kimia
4.      Kurangi penggunaan obat nyamuk dan pembasmi serangga
5.      Kurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai
6.      Kelola sampah rumah tangga dengan baik
7.      Menanam pohon
8.      Menggalakan industry daur ulang
9.      Mengurangu penggunaan kendaraan bermotor
10.  Pengelolaan limbah pada industry rumah tangga
 



Beberapa cara penanggulangan pencemaran air tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Program Pengendalian Pencemaran dan Pengrusakan Lingkungan
• Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industri dan domestik.
• Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri.
• Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3.
• Mengembangkan produksi yang lebih bersih (cleaner production) dan EPCM (Environmental Pollution Control Manager).
2. Program Rehabilitasi dan Konservasi SDA dan Lingkungan Hidup
• Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis.
• Menanggulangi kerusakan lahan bekas pertambangan, TPA, dan bencana.
• Meningkatkan konservasi air bawah tanah.
• Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati.
     
Penanggulangan pencemaran air dapat dilakukan melalui:
• Perubahan perilaku masyarakat
• Pembuatan kolam/bak pengolahan limbah cair

 “PADA INTINYA ADALAH MANAGEMENT SAMPAH”


4.      Bagaimana cara kerja air dalam tubuh ?

Dengan mengosumsi air minum biasa dengan metode yang benar, tubuh manusia akan menjadi bersih. Air menggelontor usus besar secara efektif dengan membentuk darah segar baru yang dalam istilah kedokterannya haemotopaise. Adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa dengan metode ini, lipatan lendir usus besar dan usus kecil diaktifkan. Akan halnya teori mengatakan bahwa darah segar diproduksi oleh lipatan lendir. JIka usus besar dibersihkan maka zat gizi dalam makanan yang masuk beberapa kali dalam sehari akan diserap. Dan dengan aksi lipatan lendir, unsur gizi itu akan berubah menjadi darah segar. Darah adalah unsur yang paling penting dalam menyembuhkan berbagai gangguan dan memulihkan kesehatan. Karena itu harus dikonsumsi secara teratur.
     
5.      Hal apakah yang akan teman-teman lakukan jika di dunia ini sudah jarang di temukan air bersih ? 

Yang pertama, berupaya untuk menggunakan konsep destilasi air untuk mendapatkan air bersih.
Yang kedua, selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Serta  membuat halaman rumah agar selalu memiliki daerah resapan air…contohnya taman yang tanahnya hanya ditutupi oleh rumput.


Jawaban KELOMPOK 10 :
1.      Sebutkan lapisan tanah yang cocok untuk lahan pertanian. jelaskan alasanya!
Lapisan tanah atas 
Lapisan ini tebalnya antara 10-30 cm, warnanya coklat sampai kehitam-hitaman, lebih gembur yang biasanya disebut tanah olah atau tanah pertanian. Lapisan ini merupakan tempat pertumbuhan tanaman yang utama. Disini hidup dan berkembang biak semua jasat hidup tanah dan merupakan lapisan tanah yang tersubur. Warna hitam/coklat dan suburnya tanah disebabkan oleh bunga tanah (yaitu campuran sisa tumbuh-tumbuhan dan hewan yang telah mati dan membusuk di dalam lapisan tanah atas).
              
2.      Sebutkan penyebab terjadinya pencemaran tanah!

Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).


3.      Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, misalnya timbal, merkuri (air raksa) dan siklodiena, sebutkan dampaknya terhadap kesehatan manusia!

Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Kuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat dapat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Yang jelas, pada dosis yang besar, pencemaran tanah dapat menyebabkan kematian.

4.      sebutkan lapisan-lapisan tanah beserta karakteristiknya!

a. Lapisan tanah atas 

Lapisan ini tebalnya antara 10-30 cm, warnanya coklat sampai kehitam-hitaman, lebih gembur yang biasanya disebut tanah olah atau tanah pertanian. Lapisan ini merupakan tempat pertumbuhan tanaman yang utama. Disini hidup dan berkembang biak semua jasat hidup tanah dan merupakan lapisan tanah yang tersubur. Warna hitam/coklat dan suburnya tanah disebabkan oleh bunga tanah (yaitu campuran sisa tumbuh-tumbuhan dan hewan yang telah mati dan membusuk di dalam lapisan tanah atas).

b. Lapisan tanah bawah

Lapisan ini tebalnya antara 50-60 cm, jadi tebal daripada lapisan tanah atas. Warnanya kemerah-merahan, lebih terang atau lebih muda, dan lebih padat, maka sering disebut tanah cadas (padas) atau tanah keras. Umumnya kandungan zat makanan tanaman sangat sedikit. Itu saja hanya terdapat pada lapisan yang berdekatan dengan lapisan tanah atas. Disini kegiatan jasat hidup berkurang, demikian juga perakaran tanaman. Kecuali tanaman yang berumur panjang (tahunan) yang mempunyai akar tunggang yang dalam.

c. Lapisan bahan induk tanah

Di bawah lapisan tanah kedua (tanah bawah), terdapat suatu lapisan yang menyolok warnanya: kemerah-merahan atau kelabu keputih-putihan lapisan ini disebut bahan induk tanah, karena merupakan asal atau induk dari lapisan tanah bawah.
Lapisan ini dapat dipecah dan dirubah dengan mudah, tetapi sukar ditembus oleh akar. Di lereng-lereng gunung lapisan ini sering kelihatan dengan jelas, dimana lapisan diatasnya telah hilang atau hanyut oleh air hujan. Maka tanah demikian itu sukar diolah dan umumnya sangat kerdil tidak banyak mengandung zat-zat makanan.

d. Lapisan Batuan Induk

Di bawah lapisan bahan induk tanah terdapat lapisan yang keempat, yang biasanya disebut bahan induk. Masih merupakan batuan pejal, belum mengalami proses pemecahan, inilah merupakan bahan induk tanah yang mengalami perubahan beberapa proses dengan makan waktu yang sangat lama. Bahan ini jauh lebih dalam, maka jarang kelihatan pada permukaan tanah. Di pegunungan-pegunungan sering kelihatan, tetapi tumbuh-tumbuhan tak dapat hidup, kalau tertutup tanah sedikit saja tumbuh-tumbuhan dapat hidup, tetapi hanya rumput-rumputan saja. Tidak semua susunan tanah itu seperti apa yang telah diuraikan. Mungkin tanah padas itu terletak di permukaan bumi, sehingga lapisan di atasnya sangat tipis, bahkan ada kalanya batu induk itu kelihatan, sehingga lapisan tanah hamper tidak ada. Pendek kata; tanah itu pada berbagai tempat tebalnya tidak sama, tergantung dari letak tanah itu sendiri. Misalnya di daerah-daerah pegunungan berbeda dengan di daerah-daerah lembah. Maka kehidupan tumbuh-tumbuhan pun akan berbeda pula. Tanah yang baik untuk pertanian adalah tanah yang terletak di daerah lembah, sedang di lereng-lereng akan tampak lapisan ke 3 (tiga) atau lapisan ke 4 (empat) di pegunungan itu sendiri tanahnya sangat tipis.


5.      Jelaskan arti dari tanah dan kandungan yang ada ditanah?

Tanah itu berada pada kerak bumi yang mempunyai kandungan mineral yang tinggi. Tanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting di kehidupan ini. Tanah digunakan untuk terjadinya keberlangsungan hidup, dari manusia, hewan, tumbuhan yang memanfaatkan tanah untuk berkembang biak. terutama untuk tumbuh-tumbuhan, tanah menyadiakan unsur hara dan air yang diperlukan oleh tumbuhan. Dengan adanya tanah kita bisa menjalani aktivitas.

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar